Kamis, 16 Oktober 2008

Manisnya Madu Tambang Martabe di Batang Toru

Manisnya Madu Tambang Martabe di Batang Toru

Batang toru Terletak Di Kabupaten padang Sidempuan sekitar 30 Km dari Padan Sidempuan dan 60 Km dari Kota Sibolga. Batangtoru dikenal pengahasil karet, kakao, sawit dan tanaman palawija lainnya.

Perubahan di Batang Toru sangat pesat, mulai dari pembangunan ruko-ruko dan penghasilan perkapita masyarakat juga meningkat dapat dilihat pada data bps Tapanuli Selatan. Perkembangan Batang Toru terutama disebabkan mulai eksploitasinya tambang yang disebut masyarakat setempat dengan Tambang Martabe yang dikuasi PT. Agincourt Resources Batangtoru.

Manisnya madu pertambangan saat ini sangat banyak dirasakan masyarakat setempat dan juga penduduk daerah lain mulai berdatangan. Pembebasan lahan bagi masyarakat merupakan berkah bagi penduduk setempat, pembukaan lowongan kerja menambah geliat kehidupan masyarakat batang toru. Perekonomian meningkat seiring dengan daya beli masyarakat juga meningkat serta angka kejahatan semakin menurun. Bantuan Perusahaan tambang itu juga sudah diserahkan ke sekolah-sekolah, masjid dan sejumlah bea seiswa bagipenduduk setempat baik yang sekolah di Batang Toru maupun yang sedang menjalani sekalah di luar.

Manisnya madu pertambangan ini memang banyak menambah nilai tambah pada penduduk setempat, tapi lebih banyak lagi yang belum merasakan. Perusahaan tambang hendaklah membuat suatu rencana bagi penduduk setempat seperti pemberdayaan masyarakat baik dibidang pertanian, peningkatan UKM dan penambahan keterlibatan atau keikutsertaan masyarakat dalam eksploitasi tambang tersebut.

Pihak tambang juga harus memikirkan bagaimana ketersedian air, listrik dan keperluan lainya  bagi penduduk disekitar lokasi tambang yang diakibatkan proses eksploitasi tersebut. Bahaya pertambangan terbukti sudah banya di ekspos di Media, baik media elektranik maupun media lainnya. Atas dasar tersebut masyarakat harus banyak dilibatkan dalam berbagai kegiatan tersebut. Dengan keterlibatan Mereka diharapkan dapat melihat langsung bagaimana proses yang terjadi dalam ekploitasi  tambang tersebut. Ekses negatif dari kegiatan tersebut diharapkan segera dapat ditanggulangi bersama. Sudah banyak kita lihat perlawanan penduduk setempat terhadap perusahan-perusahan tambang di Seluruh Indonesia.

Masyarakat sangat berharap manisnya madu diawal kegiatan ini dapat juga dirasakan setelah perusahan tersebut menyelesaikan pekerjaannya. Untuk itu perusahaan tersebut dengan banyaknya pengalaman di berbagai dunia diharapkan mampu mewujudkan hapan dan keinginan masyarakat setempat.

1 komentar:

solfater mengatakan...

fat-advertise said...

Kami punya tokek,.. kayaknya gak mahal dan gak pakai uang bayarnya.

Tidak minta uang koq hanya barter dengan semua item ini {3 Motor + 3 laptop + Jaringan iNternet maaf(3 IM2)}.

Untuk satu Tokek Kami.

Kalau berminat jangan sungkan untuk langsung berpapasan dengan kami.

Ingat, ya..
- Kami tidak menerima uang dalam bentuk Tunai, Chek, Debit.
- O.. iya. Kalau item di atas gak semuanya baru, Kami tetap menerimanya dengan sukacita.
- Berhubung kami di Jakarta, Mohon maaf dan dimaklumi.
Salam!

Daftar Blog Saya

  • Urban Farmer dan Yuk Berkebun - Urban Farmer dan Yuk Berkebun Dalam Rangka Suksesnya Urban Farmer dan Yuk Berkebun. Tersedia Benih Sayuran dan Buahan Promo Benih Kangkung Bangkok, Beni...
    7 tahun yang lalu

halaman utama

FEEDJIT Live Traffic Feed